RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Oleh:
Evi Rahmawati
NPM 100401060115
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
KANJURUHAN MALANG
2013
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah             : .......................................
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/Semester            : XII/2
Alokasi Waktu            : 1 x 45
menit
Standar Kompetensi   : 5. Menggunakan aturan yang berkaitan
dengan fungsi eksponen dan logaritma dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar      : 5.1 Menggunakan sifat-sifat fungsi eksponen
dan 
       
logaritma dalam pemecahan masalah.
Indikator                     :  1. Menggunakan bentuk-bentuk persamaan
eksponen 
       dalam
pemecahan masalah.
   2.
Menentukan himpunan penyelesaian persamaan         
      
eksponen.
I.         
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan
pembelajaran siswa diharapkan memiliki kemampuan untuk:
1.     
Menggunakan
bentuk-bentuk persamaan eksponen dalam pemecahan masalah
2.     
Menentukan
himpunan penyelesaian persamaan eksponen.
II.      
Materi Pembelajaran
Persamaan eksponen
(terlampir)
III.   
Model/Metode Pembelajaran
·        
Model            : “Bottle Dance” Talking Stick
Modifikasi
·        
Metode          : Ceramah
IV.   
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
| 
Kegiatan | |
| 
Kegiatan Guru dan Siswa | 
Alokasi
  Waktu | 
| 
a.     
  Pendahuluan (Apersepsi) 
1.     
  Mengingatkan siswa pada materi sebelumnya  
2.     
  Menyampaikan tujuan pembelajaran. 
3.     
  Menyampaikan metode yang akan digunakan dalam proses
  belajar mengajar. 
4.     
  Memberikan motivasi | 
( 5 menit ) 
3 menit 
1 menit 
1 menit | 
| 
b.     
  Kegiatan Inti 
1.      Menjelaskan
  materi tentang : 
Ø  Bentuk-bentuk
  persamaan eksponen 
Ø  Menentukan
  himpunan penyelesaian persamaan eksponen  
2.     
  Menggunakan model pembelajaran “Bottle Dance” talking stick modifikasi: 
·        
  Guru memberikan botol yang di dalamnya ada nomor soal
  kepada siswa yang duduk di bangku urutan pertama 
·        
  Menginstruksikan semua siswa untuk bernyanyi dan
  menyuruh siswa yang mendapat botol untuk memberikan botol tersebut kepada
  teman yang ada di sebelahnya sampai nyanyian berhenti 
·        
  Bagi siswa yang memegang botol pada waktu nyanyian
  berhenti, siswa tersebut mengocok dan mengambil nomor soal yang ada di dalam
  botol, kemudian mengerjakan soal di papan tulis 
·        
  Siswa yang lain memperhatikan jawaban soal yang ada di
  depan, jika ada yang salah siswa yang lain boleh memperbaiki jawaban,
  demikian seterusnya sampai soal habis 
3.      Guru bersama siswa
  membahas jawaban dari hasil pekerjaan siswa di papan tulis. | 
( 35 menit ) 
15
  menit 
15
  menit 
5
  menit | 
| 
c.     
  Penutup 
1.     
  Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan
  materi yang telah dipelajari. 
2.     
  Guru memberikan kuis. 
3.     
  Guru meminta siswa untuk mempelajari materi
  yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya yaitu pertidaksamaan eksponen. | 
( 5 menit ) 
2
  menit 
2
  menit 
1
  menit | 
V.      
Alat/Sumber dan Media Pembelajaran
a.     
Sumber Belajar
Wirodikromo, Sartono. 2006. Matematika untuk SMA/MA Kelas XII 
Program Ilmu Alam . Jakarta: Erlangga.
Indrasih, dkk. 2008. Matematika Kontekstual Plus Program Studi IPA 
untuk Kelas XII SMA/MA. Klaten : Intan Pariwara.
b.     
Alat belajar/media
·        
Botol
·        
PowerPoint
VI.   
Penilaian
1).
Jenis tagihan           : Tugas Individu/Kuis
2).
Bentuk Instrumen  : Uraian Objektif
3). Instrument (terlampir)
                                                            Malang, 18 Maret 2013
| 
Mengetahui, 
Kepala Sekolah 
(  ……………………………. ) | 
Guru Mata Pelajaran 
(……………………………………..) | ||
Lampiran 1
PERSAMAAN
EKSPONEN
Definisi: 
Persamaan eksponen adalah
persamaan yang eksponennya mengandung peubah x dan tidak menutup kemungkinan bilangan pokoknya juga mengandung
peubah x.
Sifat-sifat
Eksponen
1)     
 
                  
2)     
 
3)     
 
4)     
 
5)     
 
6)     
 

 
Memodifikasi talking stick brtujuan utk apa ?
BalasHapusReferensiny apa ? Jwb ya soalny buat aku skripsi neh..