Minggu, 23 Juni 2013

Lesson Plan GCF and LCM (Bilingual)



LESSON PLAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

“Greatest Common Factor (GCF) and Least Common Multiple (LCM)”
“Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dan Faktor Persekutuan Terkecil (KPK)”














Oleh:
Evi Rahmawati
NPM 100401060115
2010A



PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG
2012

LESSON PLAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

School Name                           : SD Negeri 1 Pakisaji
Nama Sekolah                         : SD Negeri 1 Pakisaji
Subjek                                     : Mathematic
Mata Pelajaran                       : Matematika
Class / Semester                      : VI/1
Kelas/Semester                        : VI/1
Time Allocation                      : 3 X 35 minutes
Alokasi Waktu                         : 3 X 35 menit
Competency Standards           : 1. Perform integer arithmetic operation in problem            
      solving
Standar Kompetensi                : 1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam
      pemecahan masalah
Basic Competencies                : 1.1 Using the properties of arithmetic operations
                    including mixed arithmetic operations, GCF      
         and LCM.
Kompetensi Dasar                  : 1.1. Menggunakan sifat-sifat operasi hitung
termasuk operasi hitung campuran, FPB dan KPK.
Indicator                                 :
1.      Determine GCF (Greatest Common Factor) of two or three numbers
Menentukan FPB (Faktor Persekutuan Terbesar) dari dua atau tiga bilangan
2.      Determining LCM (Least Common Multiple) of two or three numbers
Menentukan KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil) dari dua atau tiga bilangan
3.      Determine GCF (Greatest Common Factor) and the LCM (Least Common Multiple) in same time
Menentukan FPB (Faktor Persekutuan Terbesar) dan KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil) sekaligus
4.      Application GCF (Greatest Common Factor) and the LCM (Least Common Multiple) in daily life
Penerapan FPB (Faktor Persekutuan Terbesar) dan KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil)  dalam kehidupan sehari-hari    

I.              Learning Objectives / Tujuan Pembelajaran
After learning the student is expected to be implemented :
Setelah proses pembelajaran dilaksanakan diharapkan siswa dapat :

1.      Determine GCF (Greatest Common Factor) of two or three numbers
Menentukan FPB (Faktor Persekutuan Terbesar) dari dua atau tiga bilangan
2.      Determining LCM (Least Common Multiple) of two or three numbers
Menentukan KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil) dari dua atau tiga bilangan
3.      Determine GCF (Greatest Common Factor) and the LCM (Least Common Multiple) in same time
Menentukan FPB (Faktor Persekutuan Terbesar) dan KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil) sekaligus
4.      Application GCF (Greatest Common Factor) and the LCM (Least Common Multiple) in daily life
Penerapan FPB (Faktor Persekutuan Terbesar) dan KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil) dalam kehidupan sehari-hari

II.            The character of the students are expected :
Karakteristik siswa yang diharapkan :
1.    Discipline / Disiplin
2.    Diligent / Tekun
3.    Thorough / Teliti
4.    Never give up / Pantang menyerah
5.    Curiosity / Rasa ingin tahu
6.    Creative / Kreatif
7.    Honesty / Kejujuran

III.          Materials / Materi
GCF (Greatest Common Factor) and LCM (Least Common Multiple)
FPB (Faktor Persekutuan Terbesar) dan KPK (Faktor Persekutuan Terkecil) (terlampir)

IV.          Learning Method / Metode pembelajaran
1.      Lecture/Ceramah
2.      Talking Stik modification/Talking Stik modifikasi

V.          Learning Activities / Kegiatan pembelajaran
Activities / Kegiatan
Teacher / Guru
Student / Siswa
Time Allocation / Alokasi Waktu
a.    Preliminary activities / Kegiatan Awal (Apersepsi)
1.      Opened the lesson with greetings, attendance of students and asked about today.
Membuka pelajaran dengan salam, mempresensi siswa dan menanyakan kabar hari ini.
2.      Delivering learning objectives to be achieved, the student can determine the GCF and LCM two or three numbers and apply in daily life
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, yaitu siswa dapat menentukan FPB dan KPK dua atau tiga bilangan serta menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

3.      Reminiscent of previous material is about finding number of factors, prime factors and prime factorization.
Mengingatkan materi sebelumnya yaitu tentang mencari faktor bilangan, faktor prima, dan faktorisasi prima.

4.      Providing motivation:
if the material is controlled well by the students will be able to assist students in solving daily problems associated with GCF and LCM.
For example:
Patrick has 35 pieces of candy and chocolate 40. Will be given to his friends. Each child will be given the same sweets and chocolates.
a.       How many children can be in order to get the same parts?
b.      How many sweets and chocolate every child received?
Questions such as how to find a lot of children who will receive and how much candy and chocolate that will be accepted by the same amount? can easily be dealt with using the GCF.
Memberikan motivasi apabila materi ini dikuasai dengan baik oleh siswa maka akan dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan FPB dan KPK.
Misalnya :
Patrick mempunyai 35 buah permen dan 40 coklat. Akan diberikan kepada teman-temannya. Setiap anak akan diberi permen dan coklat yang sama.
a.      Berapakah anak yang dapat diberi agar mendapat bagian yang sama?
b.      Berapa banyak permen dan coklat yang diterima setiap anak?
Pertanyaan seperti gimana mencari banyak anak yang akan menerima dan berapa banyak permen dan coklat yang akan diterima dengan jumlah yang sama? dapat dengan mudah kita selesaikan menggunakan FPB.
5.      Delivering learning model to be used today is more exciting than previous meetings, the learning model is Talking Stik
Menyampaikan model pembelajaran yang akan digunakan hari ini lebih seru dari pertemuan-pertemuan sebelumnya, yakni model pembelajaran Talking Stik.


Answer the greetings and news about today.
Menjawab salam dan kabar hari ini.





Attention to teachers' learning objectives delivered.
Memperhatikan tujuan pembelajaran yang disampaikan guru.










Attention the teacher and give the positive feedback.
Memperhatikan dan memberi umpan balik positif terhadap guru.






Attention the motivation of teachers and ready to learning process.
Memperhatikan motivasi dari guru dan siap untuk belajar.

























































Attention the teacher.
Memperhatikan guru.







20 minutes
20 menit

b.   Main Activities / Kegiatan Inti
Application of Talking Stik.
Penerapan Talking Stik
1.      Teacher explains the general material of GCF and LCM by using the power point.
Guru memberikan penjelasan materi tentang FPB dan KPK dengan menggunakan media power point.

2.      Teacher gives exercises to do.
Guru memberikan latihan soal untuk dikerjakan.

3.      After a time working on is finished, the teacher instructed the students to collect his work.
Setelah waktu mengerjakan selesai, guru menginstruksikan siswa untuk mengumpulkan hasil pekerjaannya.
4.      Teachers give a bottle containing green beans to one of the students, the students who received a bottle at work on the problems on the board, and students who hold the bottle right to choose his friends to do the question. And so on until all the problems worked out.
Guru memberikan botol yang berisi kacang hijau kepada salah satu siswa, siswa yang di menerima botol mengerjakan soal di papan tulis, dan siswa yang memegang botol berhak memilih temannya untuk mengerjakan soal selanjutnya. Begitu seterusnya sampai semua soal di kerjakan.
5.      Teacher corrects problems with explaining one by one. For those who do answer wrong, he will be punished, he sing with swaying movements move a bottle containing a green bean.
Guru mengkoreksi soal dengan menjelaskan satu per satu. Bagi yang mengerjakan jawabannya salah, dia akan mendapatkan hukuman, yaitu bernyanyi dengan bergoyang menggerak-gerakan botol yang berisi kacang hijau.



Through respect and attention of teachers and the students listening and answering the question of the teachers.
Melalui rasa hormat dan perhatian siswa mendengarkan pernyataan guru dan menjawab pertanyaan dari guru.
Students work on the problems that exist in the powerpoint slides.
Siswa mengerjakan soal yang ada dislide powerpoint.
Students collect his work.
Siswa mengumpulkan hasil pekerjaannya.






Students who received a bottle of work in front of the class and other students noticed, after working on the front of the student is entitled to give a bottle to a friend. And so on until all the problems worked out.
Siswa yang mendapat botol mengerjakan di depan kelas dan siswa yang lain memperhatikan, setelah  mengerjakan soal didepan siswa tersebut berhak memberikan botol kepada temannya. Begitu seterusnya sampai semua soal di kerjakan.



Students pay attention to the teacher's explanation. Then students answer one came forward to sing and sway with a bottle containing green beans. Siswa memperhatikan penjelasan guru. Kemudian siswa yang jawabannya salah maju kedepan untuk bernyanyi dan bergoyang dengan menggunakan botol berisi kacang hijau.
75 minutes
75 menit





c.    Closing Activities / Kegiatan Akhir
1.      Helping students to conclude that the material has been studied.
Membantu siswa untuk menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
2.      Meminta siswa untuk mempelajari materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

3.      The teacher closes the lesson with a greeting.
 Guru menutup pelajaran dengan salam.


Concluded with the teachers of students who have studied the material.
Bersama guru siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
Attention
teachers presented information.
Memperhatikan informasi yang disampaikan guru.
Students answer greetings. Siswa menjawab salam.
10 minutes
10 menit


VI.          Media/Learning Resources / Media/Sumber belajar
1.    Book Package / Buku Paket
Active Matematika: Gunanto, Khafid M. 2010. Active Matematika for Elementary School Year 6A Semester 2. Jakarta: Esis Erlangga.
2.    Laptop
3.    LCD
4.    Bottle/Botol

VII.          Assesment / Penilaian
1.    Exercises (Attachment)
Latihan soal(terlampir)
2.    Rubric assesment exercises (Attachment)
 penilaian latihan soal (terlampir)
                                              





                                                                        Malang,  24 Desember 2012
Know/Mengetahui,
Head Master
Kepala Sekolah



...............................
NIP.
Subject Teacher
Guru Mata Pelajaran




...............................
NIP.
















ATTACHMENT 1 / LAMPIRAN 1
/ Ringkasan Materi

1.        GCF (Greatest Common Factor)
FPB (Faktor Persekutuan Terbesar)
Dou you still remember material about the GFC you learned in Year 4 and 5? GFC of two numbers is the common factor of those numbers which is the greatest.
Ingatkah kalian materi FPB yang telah kalian pelajari di kelas IV dan V? FPB dari dua bilangan adalahfaktor persekutuan dari kedua bilangan tersebut yang paling besar.
Example/Contoh:
What is the GFC of 18 and 24?
Berapakah FPB dari bilangan 18 dan 24?
Answer/Jawab:
The factor of 18 and 24 can be found by decomposing the multiplication factors on integers.
Faktor 18 dan 24 dapat dicari dengan menguraikan faktor-faktor perkalian bilangan bulat.
                              so, the factor of 18 are 1, 2, 3, 6, 9, and 18.
                                 jadi, faktor-faktor dari 18 adalah 1, 2, 3, 6,
                                 9 dan 18.

                              so, the factor of 24 are 1, 2, 3, 4, 6, 8, 12,
                               and 24.
                                  jadi, faktor-faktor dari 18 adalah 1, 2, 3, 4,
                                  6, 8, 12, dan 18

The factor of 18 are  1 , 2 , 3 , 6 , 9 , 18
Faktor dari 18 adalah  1 , 2 , 3 , 6 , 9 , 18
The factor of 24 are  1 , 2 , 3 , 4 , 6 , 8 , 12 , 18
Faktor dari 24 adalah  1 , 2 , 3 , 4 , 6 , 8 , 12 , 18
The same factors ( common factors) we get from 18 and 24 are 1 , 2 , 3 , and 6.
The greathes common factors (GCF) of 18 and 24 is 6.
Faktor yang sama (faktor persekutuan) dari 18 dan 24 adalah 1 , 2 , 3 , dan 6.
FPB dari 18 dan 24 adalah faktor persekutuan terbesar dari 18 dan 24, yaitu 6.

There are other ways to find GCF of two or more numbers.
Berikut ini adalah cara lain untuk mencari FPB dari dua atau tiga bilangan.
1.      Using prime factorization
Dengan faktorisasi prima
18                                24

            2     9                          2     12                                                      
                
                 3      3                          2       6
                                                        2       3
            18 = 2  3  3                        =  =           
            24 = 2  2  2  3      =   =
     The GCF of the two numbers is chosen by the same factors with the smallest exponent.
     FPB dari keduanya dipilih faktor yang sama dengan pangkat terkecil.
    
chose/pilih      
                                               chose/pilih


So, GCF / Jadi, FPB  =  = 6
Remember/Ingat !
To find GCF we only take the same numbers or which owned by all numbers which have the smallest power.
Untuk mencari FPB hanya diambil bilangan yang sama dari semua bilangan tetapi yang memiliki pangkat terkecil.


2.      Using tables
Dengan menggunakan tabel
a)      First, find the factors of 18 and then circle them.
Mula-mula temukan faktor dari 18, kemudian lingkarilah
b)      Now, circle the factors of 24
Sekarang, lingkari faktor 24
           
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24

From the table above, the numbers which are circled twice are common factors of 18 and 24. The factors are 1, 2 , 3 , and 6. The factor biggest number is 6.
Thus, the GCFof 18 and 24 is 6
Dari tabel diatas, angka yang dilingkari ganda adalah faktor persekutuan dari 18 dan 24, yaitu 1 , 2 , 3 , dan 6. Pilih faktorpersekutuan terbesar, yaitu 6.
Jadi, FPB dari 18 dan 24 adalah 6.

1.      Using upside-down techniques
Dengan cara teknik sengkedan
An upside-down technique is used by dividing the number  by a prime number continuously. The circled prime numbers can divide those two numbers.
Teknik sengkedan dilakukan dengan cara membagi dengan bilangan prima secara terus menerus. Bilangan prima yang dilingkari adalah bilangan yang dapat membagi kedua bilangan tersebut.

2
2
            18        24
2
              9        12
              9          6
3
              9          3
2
              3          1
              1          1
           

 

           
            2 and 3 are divisiors
            (2 will divide 18 and 24)
            (3 will divide 9 and 3)
            2 dan 3 berlaku sebagai pembagi
            (2 dapat membagi 18 dan 24)
            (3 dapat membagi 9 dan 3)

Multiply the circled divisor,  . So, the GCF of 18 and 24 is 6.
Hasil perkalian bilangan prima yang dilingkari adalah FPB dari bilangan yang dimaksud, yaitu . Jadi, FPB dari 18 dan 24 adalah 6.

2.         LCM (The Least Common Multiple)
        KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil)
LCM is the smallest number that is the multiple of two or more other   numbers.
KPK dari dua bilangan merupakan bilangan yang bukan nol dan merupakan kelipatan terkecil dari dua bilangan tersebut. Berikut ini adalah beberapa cara menentukan KPK dari dua bilangan atau lebih bilangan.

There are other ways to find LCM of two or more numbers.
Berikut ini adalah cara lain untuk mencari KPK dari dua atau tiga bilangan.
Example/Contoh:
What is the LCM 12 and 30?
Tentukan KPK dari 12 dan 30!
Answer/Jawab:
1.      Listing multiples for each number
Dengan cara menuliskan kelipatannya
The multiples of 12 are 12 , 24 , 36 , 48 , 60 , 72 , 84 , 96 , 108 , 120 , . . .
Kelipatan 12 adalah 12 , 24 , 36 , 48 , 60 , 72 , 84 , 96 , 108 ,120 , . . .
The multiple of 30 are 30 , 60 , 90 , 120 , 150 , 180 , . . .
Kelipatan 30 adalah 30 , 60 , 90 , 120 , 150 , 180 , . . .                            
The common multiplesof 12 and 30 are 60, 120 and so on.
Since the least common is 60, the LCM of 12 and 30 is 60.
Kelipatan persekutuan dari 12 dan 30 adalah 60, 120, dan seterusnya.
Karena persekutuan terkecilnya adalah 60, maka KPK dari 12 dan 30 adalah 60.

2.      Using prime factorization
Dengan cara faktorisasi prima
           12                                30                
                                                                                                          
      2       6                          2      15
                                                                     
         2      3                            3      5

          
 
                                              
                                              
      

To determine the LCM, all the prime numbers are selected. However, if there is any same number, chose the number with largest exponent.
Untuk menentukan KPK, semua bilangan prima dipilih. Akan tetapi, jika ada bilangan yang sama, pilihlah bilangan dengan pangkat terbesar.
            chose/dipilih

   is selected           one of 3s is selected because they are the same.
  Dipilih                  dipilih salah satu karena sama.
So, the LCM is
Jadi, KPK        
Remember/Ingat !
To find LCM using factorization, we take the same numbers of highest power and the different numbers are all taken.
Untuk mencari KPK menggunakan faktorisasi, diambil bilangan yang sama dengan pangkat yang tertinggi dan yang tidak sama diambil semua.

                         








3.      Using upside-down techniques
Dengan cara teknik sengkedan
Different from finding the GCF, the multiplication all of prime factors that appear in the upside-down table is the LCM of both numbers.
Berbeda dengan cara mencari FPB, perkalian dari seluruh faktor prima yang muncul dari tabel senkedan adalah KPK dari kedua bilangan tersebut.
2
           12        30
2
            6         15
3
            3         15
5
            1         5
            1         1

                      
LCM/KPK

3.         Finding GCF and LCM simultaneously
        Mencari FPB dan KPK sekaligus
The easiest way to the find GCF and LCM of two or three numbers simultaneously is using upside-down techniques.
Cara termudah untuk mencari FPB dan KPK dua atau tiga bilangan sekaligus adalah menggunakan teknik sengkedan.
Example/Contoh:
1.      Find the GCF and LCM of 40 and 50
Tentukan FPB dan KPK dari 40 dan 50
2.      Find the GCF and LCM of 24, 30, and 60
Tentukan FPB dan KPK dari 24, 30, dan 60

Answer/Jawab:
1)     
2
2
           40        50                                            GCF/FPB
2
2
           20        25
2
2
           10        25
5
5
            5         25                                            LCM/KPK
5
5
            1         5                                                               
            1         1                                                               



2)     
2
2
           24        30        60                                GCF/FPB
2
2
           12        15        30
2
2
            6         15        15                                      
33

33

            3         15        15                                LCM/KPK
5
5
            1         5         5                                                   
1              1         1                                                   


     

4.        Application GCF (Greatest Common Factor) and the LCM (Least Common Multiple) in daily life
Penerapan FPB (Faktor Persekutuan Terbesar) dan KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil) dalam kehidupan sehari-hari
Ø  GCF/FPB
Example/Contoh:
Randi has about 40 grains of red marbles and 56 green marbles grain. Marbles is put into small boxes.
Randi mempunyai 40 butir kelereng berwarna merah dan 56 butir kelereng berwarna hijau. Kelereng-kelereng tersebut  akan dimasukkan kedalam kotak-kotak kecil.
a.    How many boxes are needed to hold all the marbles?
Berapa kotak yang dibutuhkan untuk menampung semua kelereng tersebut?
b.    How many marbles are red and green in each little box?
Berapa banyak kelereng yang berwarna merah dan yang berwarna hijau pada masing-masing kotak kecil?
Answer/Jawab:
Prime factorization of
Faktorisasi prima dari
Prime factorization of
Faktorisasi prima dari
GCF of 40 and 56 =
FPB dari 40 dan 56 = 
a.      Many small box that is required is 8 pieces.
Banyak kotak kecil yang dibutuhkan adalah 8 buah.
b.      Thus, each box contains 5 red marbles and 7 green marbles.
Jadi, setiap kotak berisi 5 kelereng berwarna merah dan 7 kelereng berwarna hijau.

Ø  LCM/KPK
Example/Contoh:
Dani swam every 8 days, Bayu swim every 12 days, and Andi swim every 16 days. Every how many days they will swim together?
Dani berenang setiap 8 hari, Bayu berenang setiap 12 hari, dan Andi berenang setiap 16 hari. Setiap berapa hari mereka akan berenang secara bersamaan?
Answer/Jawab:
Prime factorization of
Faktorisasi prima dari
Prime factorization of
Faktorisasi prima dari
Prime factorization of
Faktorisasi prima dari
LCM of 8, 12, and 16
KPK dari 8, 12, dan 16
So, they swim together every 48 days.
Jadi, mereka berenang secara bersamaan setiap 48 hari
Remember/Ingat !
·         If the question is about how many each gets or how ,many gets equal division then the question is about GCF.
Jika yang ditanyakan masing-masing mendapatkan beraopa atau berapa banyak yang mendapatkan pembagian yang sama maka yang ditanyakan adalah FPB.
·         If in narrative problem when day meet or together again is asked, then the question is about LCM.
Jika dalam soal cerita yang ditanyakan kapan kejadian mereka bertemu atau bersama-sama lagi maka yang ditanyakan adalah KPK.







ATTACHMENT 2 / LAMPIRAN 2
(Exercises/Latihan Soal)

1.      Determine GCF of:
Tentukan FPB dari:
a.       80 dan 120
80 and 20                   
b.      70, 105, dan 140
70, 105, and 140
2.      Determine LCM of:
Tentukan KPK dari:
a.       48 and 72
48 dan 72
b.      42, 68, and 96
42, 68 dan 96
3.      Dora bought 8 stalks of roses, 12 stalks of orchids, 16 stalks of daisies. The flowers will be arranged into a flowers vase evenly.
Dora membeli 8 tangkai bunga mawar, 12 tangkai bunga anggrek, dan 16 tangkai bunga aster. Bunga-bunga tersebut akan dirangkai kedalam vas bunga secara merata.
a.       How many vases necessary Dora?
Berapa banyak vas bunga yang diperlukan Dora?
b.      Determine the number of each of flower in eacg vase?
Tentukan jumlah masing-masing jenis bunga dalam tiap vas?
4.        A lamp lights up every 45 second, and the lamp B lights up every 60 second once. Every few second both lights will be lights at the same time?
Lampu A menyala setiap 45 detik sekali, sedangkan lampu B menyala setiap 60 detik sekali. Setiap berapa detik kedua lampu tersebut akan menyala secara bersamaan?
5.      Mr. Bondan got guart duty once every 6 days, Mr. Baim every 8 days, Mr. Beny every 12 day. Dated December 1,2012 the three of them shared guard duty. When will they be shared task for the second time?
Pak Bondan mendapat tugas ronda setiap 6 hari sekali, Pak Baim setiap 8 hari sekali, Pak Beny setiap 12 hari sekali. Tanggal 1 Desember 2012 mereka bertiga tugas ronda bersama. Kapan mereka akan tugas bersama untuk kedua kalinya?

Answer Key Sheet
Lembar Kunci Jawaban
1.       
a.        Prime factorization of
 Faktorisasi prima dari
 Prime factorization of
 Faktorisasi prima dari
 GCF of 80 and 120
 FPB dari 80 dan 120
b.      Prime factorization of
Faktorisasi prima dari
Prime factorization of
Faktorisasi prima dari
Prime factorization of
Faktorisasi prima dari
GCF of 70, 105, and 140
FPB dari 70, 105, dan 140
2.       
a.       Prime factorization of
Faktorisasi prima dari
Prime factorization of
Faktorisasi prima dari
LCM of 48 and 72
KPK dari 48 dan 72
b.      Prime factorization of
Faktorisasi prima dari
Prime factorization of
Faktorisasi prima dari
Prime factorization of
Faktorisasi prima dari
LCM of 42, 68, and 96
KPK dari 42, 68, dan 96

3.      Prime factorization of
Faktorisasi prima dari
Prime factorization of
Faktorisasi prima dari
Prime factorization of
Faktorisasi prima dari
GCF of 8, 12, and 16
FPB dari 8, 12, dan 16
a.       Many vase of flowers that is required is 4 vases.
Banyak vas bunga yang diperlukan Dora adalah 4 vase.
b.      Thus, each vase containing 2 stalks of roses, 3 stalks of orchids, 4 stalks of daisies.
Jadi, setiap vase berisi 2 tangkai bunga mawar, 3 tangkai bunga anggrek,  dan 4 tangkai bunga aster.

4.      Prime factorization of
Faktorisasi prima dari
Prime factorization of
Faktorisasi prima dari
LCM of 45 and 60
KPK dari 45 dan 60
So, both lights will be light along once every 180 seconds.
Jadi, kedua lampu tersebut akan menyala bersamaan setiap 180 detik sekali.

5.      Prime factorization of
Faktorisasi prima dari
Prime factorization of
Faktorisasi prima dari
Prime factorization of
Faktorisasi prima dari
LCM of 6, 8, and 12
KPK dari 6, 8, and 12
So, they will be a common task for the second time on December 25, 2012.
Jadi, mereka akan tugas bersama untuk kedua kalinya pada tanggal 25 Desember 2012.
ATTACHMENT 3 / LAMPIRAN 3

KRITERIA PENILAIAN TEST INDIVIDU

Nomor Soal
Kriteria
Nilai
1.
a).      Can determine the GCF a variety of ways
            Dapat menentukan FPB dengan berbagai cara
        Can not or incorrectly determine the FPB
variety of ways
      Tidak dapat atau salah menentukan FPB dengan
      berbagai cara             
b).     Can determine the GCF a variety of ways
            Dapat menentukan FPB dengan berbagai cara
        Can not or incorrectly determine the GCF
variety of ways
       Tidak dapat atau salah menentukan FPB  
       dengan berbagai cara
10

0



10

0
2.
a).      Can determine the LCM a variety of ways
            Dapat menentukan KPK dengan berbagai cara
        Can not or incorrectly determine the LCM
variety of ways
      Tidak dapat atau salah menentukan KPK dengan
      berbagai cara             
b).     Can determine the LCM a variety of ways
            Dapat menentukan KPK dengan berbagai cara
        Can not or incorrectly determine the LCM
variety of ways
       Tidak dapat atau salah menentukan KPK  
       dengan berbagai cara
10

0



10

0

3.
a).     Can complete problems solving with a story
           using GCF
           Dapat menyelesaikan soal cerita dengan
           menggunakan FPB
        Can not or incorrectly complete problems solving 
          with a story using GCF
     Tidak dapat atau salah menyelesaikan soal cerita
     dengan menggunakan FPB
b).   Can determine the outcome results of problems     
          solving          
          Dapat menentukan hasil penyelesaian dari soal
          cerita tersebut
       Can not or incorrectly determine the outcome
          results of problems solving       
    Tidak dapat atau salah menentukan hasil
    penyelesaian dari soal cerita tersebut
10



0



10



0
4.
a).     Can complete problems solving with a story
           using LCM
           Dapat menyelesaikan soal cerita dengan
           menggunakan KPK
        Can not or incorrectly complete problems solving 
          with a story using LCM
     Tidak dapat atau salah menyelesaikan soal cerita
     dengan menggunakan KPK
b).   Can determine the outcome results of problems     
          solving          
          Dapat menentukan hasil penyelesaian dari soal
          cerita tersebut
       Can not or incorrectly determine the outcome
          results of problems solving       
    Tidak dapat atau salah menentukan hasil
          penyelesaian dari soal cerita tersebut
10



0



10



0
5.
a).     Can complete problems solving with a story
           using LCM
           Dapat menyelesaikan soal cerita dengan
           menggunakan KPK
        Can not or incorrectly complete problems solving 
          with a story using LCM
     Tidak dapat atau salah menyelesaikan soal cerita
     dengan menggunakan KPK
b).   Can determine the outcome results of problems     
          solving          
          Dapat menentukan hasil penyelesaian dari soal
          cerita tersebut
       Can not or incorrectly determine the outcome
          results of problems solving       
    Tidak dapat atau salah menentukan hasil
          penyelesaian dari soal cerita tersebut
10



0



10



0
Total

100


Tidak ada komentar:

Posting Komentar