RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Oleh:
Evi Rahmawati
NPM 100401060115
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
KANJURUHAN MALANG
2013
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : .......................................
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : XII/2
Alokasi Waktu : 1 x 45
menit
Standar Kompetensi : 5. Menggunakan aturan yang berkaitan
dengan fungsi eksponen dan logaritma dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar : 5.1 Menggunakan sifat-sifat fungsi eksponen
dan
logaritma dalam pemecahan masalah.
Indikator : 1. Menggunakan bentuk-bentuk persamaan
eksponen
dalam
pemecahan masalah.
2.
Menentukan himpunan penyelesaian persamaan
eksponen.
I.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan
pembelajaran siswa diharapkan memiliki kemampuan untuk:
1.
Menggunakan
bentuk-bentuk persamaan eksponen dalam pemecahan masalah
2.
Menentukan
himpunan penyelesaian persamaan eksponen.
II.
Materi Pembelajaran
Persamaan eksponen
(terlampir)
III.
Model/Metode Pembelajaran
·
Model : “Bottle Dance” Talking Stick
Modifikasi
·
Metode : Ceramah
IV.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
|
Kegiatan Guru dan Siswa
|
Alokasi
Waktu
|
a.
Pendahuluan (Apersepsi)
1.
Mengingatkan siswa pada materi sebelumnya
2.
Menyampaikan tujuan pembelajaran.
3.
Menyampaikan metode yang akan digunakan dalam proses
belajar mengajar.
4.
Memberikan motivasi
|
( 5 menit )
3 menit
1 menit
1 menit
|
b.
Kegiatan Inti
1. Menjelaskan
materi tentang :
Ø Bentuk-bentuk
persamaan eksponen
Ø Menentukan
himpunan penyelesaian persamaan eksponen
2.
Menggunakan model pembelajaran “Bottle Dance” talking stick modifikasi:
·
Guru memberikan botol yang di dalamnya ada nomor soal
kepada siswa yang duduk di bangku urutan pertama
·
Menginstruksikan semua siswa untuk bernyanyi dan
menyuruh siswa yang mendapat botol untuk memberikan botol tersebut kepada
teman yang ada di sebelahnya sampai nyanyian berhenti
·
Bagi siswa yang memegang botol pada waktu nyanyian
berhenti, siswa tersebut mengocok dan mengambil nomor soal yang ada di dalam
botol, kemudian mengerjakan soal di papan tulis
·
Siswa yang lain memperhatikan jawaban soal yang ada di
depan, jika ada yang salah siswa yang lain boleh memperbaiki jawaban,
demikian seterusnya sampai soal habis
3. Guru bersama siswa
membahas jawaban dari hasil pekerjaan siswa di papan tulis.
|
( 35 menit )
15
menit
15
menit
5
menit
|
c.
Penutup
1.
Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan
materi yang telah dipelajari.
2.
Guru memberikan kuis.
3.
Guru meminta siswa untuk mempelajari materi
yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya yaitu pertidaksamaan eksponen.
|
( 5 menit )
2
menit
2
menit
1
menit
|
V.
Alat/Sumber dan Media Pembelajaran
a.
Sumber Belajar
Wirodikromo, Sartono. 2006. Matematika untuk SMA/MA Kelas XII
Program Ilmu Alam . Jakarta: Erlangga.
Indrasih, dkk. 2008. Matematika Kontekstual Plus Program Studi IPA
untuk Kelas XII SMA/MA. Klaten : Intan Pariwara.
b.
Alat belajar/media
·
Botol
·
PowerPoint
VI.
Penilaian
1).
Jenis tagihan : Tugas Individu/Kuis
2).
Bentuk Instrumen : Uraian Objektif
3). Instrument (terlampir)
Malang, 18 Maret 2013
Mengetahui,
Kepala Sekolah
( ……………………………. )
|
Guru Mata Pelajaran
(……………………………………..)
|
||
Lampiran 1
PERSAMAAN
EKSPONEN
Definisi:
Persamaan eksponen adalah
persamaan yang eksponennya mengandung peubah x dan tidak menutup kemungkinan bilangan pokoknya juga mengandung
peubah x.
Sifat-sifat
Eksponen
1)
2)
3)
4)
5)
6)
Memodifikasi talking stick brtujuan utk apa ?
BalasHapusReferensiny apa ? Jwb ya soalny buat aku skripsi neh..