RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Oleh:
Evi Rahmawati
NPM 100401060115
PENDIDIKAN
MATEMATIKA
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
KANJURUHAN MALANG
2012
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMPN 1
Malang
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VIII/1
Alokasi Waktu : 3 X 40
menit
Standar Kompetensi : 2. Memahami sistem persamaan linier dua
variabel dalam pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar : 2.1. Menyelesaikan sistem persamaan
linier dua variabel.
Indikator : 1. Menjelaskan perbedaan
persamaan linier dua variabel
(PLDV)
dan sistem persamaan linier dua variabel
(SPLDV).
2. Memberi
contoh sistem persamaan linier dua variabel
(SPLDV) dalam berbagai bentuk dan variabel.
3.
Menentukan himpunan penyelesaian sistem persamaan
linier dua variabel (SPLDV) dengan metode grafik.
4.
Menentukan himpunan penyelesaian sistem persamaan
linier dua variabel (SPLDV) dengan metode substitusi.
5.
Menentukan himpunan penyelesaian sistem persamaan
linier dua variabel (SPLDV) dengan metode eliminasi.
I.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan
pembelajaran siswa diharapkan memiliki kemampuan untuk:
1. Menjelaskan perbedaan persamaan linier dua
variabel (PLDV) dan
sistem persamaan
linier dua variabel (SPLDV).
2. Memberi contoh sistem persamaan linier dua
variabel (SPLDV)
dalam berbagai bentuk
dan variabel.
3. Menentukan himpunan penyelesaian sistem persamaan
linier dua variabel (SPLDV) dengan metode grafik.
4. Menentukan himpunan penyelesaian sistem persamaan
linier dua variabel (SPLDV) dengan metode substitusi.
5. Menentukan himpunan penyelesaian sistem persamaan
linier dua variabel (SPLDV) dengan metode eliminasi.
II.
Materi Pembelajaran
Sistem persamaan
linier dua variabel.
III.
Model/Metode Pembelajaran
·
Jigsaw
·
Talking stick
IV.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
||
Guru
|
Siswa
|
Alokasi
Waktu
|
a.
Pendahuluan
(Apersepsi)
1.
Mengingatkan siswa pada materi sebelumnya yaitu tentang persamaan linier
satu variabel (PLSV).
2.
Menyampaikan tujuan pembelajaran.
3.
Menyampaikan metode yang akan digunakan dalam proses
belajar mengajar.
|
1. Mengingat
materi sebelumnya.
2. Menyimak
penyampaian tujuan pembelajaran.
3. Minyimak
metode yang dijelaskan.
|
(10 menit)
5 menit
2 menit
3 menit
|
b.
Kegiatan Inti
1. Guru membagi siswa dalam kelas menjadi
tujuh kelompok besar.
2. Setelah terbentuk kelompok,
guru meminta masing-masing siswa dalam kelompok berhitung 1-5.
3. Meminta siswa yang mendapat
angka sama untuk kumpul dalam kelompok ahli.
4. Masing-masing kelompok ahli
mendiskusikan tentang :
a.
Menjelaskan perbedaan PLDV dengan SPLDV
b.
Memberi contoh
SPLDV dalam berbagai bentuk variable.
c.
Menentukan himpunan penyelesaian SPLDV dengan cara grafik,
d.
Menentukan himpunan penyelesaian SPLDV dengan cara substitusi,
e.
Menentukan himpunan penyelesaian SPLDV dengan cara eliminasi,
5. Setelah selesai, masing-masing siswa diminta untuk
kembali ke kelompok asal.
6. Setelah kembali kekelompok
asal, guru meminta siswa menjelaskan materi yang telah didiskusikan di
kelompok ahli.
7. Setelah meteri di sampaikan,
guru meminta perwakilan tiap kelompok untuk menjelaskan didepan kelas materi
yang telah dibahas.
8. Setelah semua materi selesai di
sampaikan, guru meminta siswa untuk kembali ke tempat duduk masing-masing.
9. Setelah siswa kembali ke tempat
duduk masing-masing, guru memberi latihan soal.
10. Setelah waktu mengerjakan selesai, guru menginstruksikan siswa untuk
mengumpulkan hasil pekerjaannya.
11. Guru menyerahkan tongkat kepada
satu siswa untuk mengerjakan di papan tulis, dan siswa yang mendapat tongkat
berhak memilih temannya untuk mengerjakan soal selanjutnya.
|
1. Siswa
membentuk kelompok besar.
2. Siswa dalam kelompok berhitung 1-5.
3. Siswa
berkumpul sesuai dengan angka yang telah disebutkan.
4. Siswa
mendiskusikan materi yang telah di tentukan.
5. Siswa
kembali ke kelompok asal.
6. Masing-masing
siswa menjelaskan materi yang sudah di dapat pada kelompok ahli.
7. Perwakilan
dari masing-masing kelompok bergiliran
menjelaskan di depan kelas dan siswa yang lain menyimak.
8. Siswa bergegas kembali ke tempat duduk
masing-masing.
9.
Siswa mengerjakan soal.
10. Siswa
mengumpulkan hasil pekerjaannya.
11. Siswa
yang mendapat tongkat tongkat mengerjakan di depan kelas dan siswa yang lain
memperhatikan, setelah mengerjakan soal
didepan siswa tersebut berhak memberikan Talking Stick kepada
temannya.
|
(97 menit)
3 menit
2 menit
2 menit
20 menit
3 menit
20 menit
20 menit
2 menit
15 menit
10 menit
|
c.
Penutup
1. Membimbing
siswa untuk menyimpulkan materi yang telah didiskusikan.
2. Meminta
siswa untuk mempelajari materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
|
1. Menyimpulkan
materi yang telah dipelajari dengan diarahkan oleh guru.
|
(13 menit)
10 menit
3 menit
|
V.
Alat/Sumber dan Media Pembelajaran
a.
Sumber Belajar
·
Patwiyanto, yuwono. 2006. MGMP
Matematika SMP kota malang untuk kelas VIII
SMP / MTS. Malang. Dinas pendidikan kota malang.
·
LKS Matematika untuk SMP Kelas VIII
b.
Alat belajar
Tongkat
VI.
Penilaian
a. Penilaian Individu
1).
Jenis tagihan : Tugas
Individu
2).
Bentuk Instrumen : Test Esai
3). Instrument (terlampir)
b.
Penilaian Kelompok
1). Teknik penilaian : Observasi
2). Bentuk Instrumen : Lembar Observasi
3). Instrumen
(terlampir)
Malang, 17 Juni 2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah
( ……………………………. )
|
Guru Mata Pelajaran
(……………………………………..)
|
||
Lampiran 1
Rangkuman
Materi
1.
Perbedaan
persamaan linier dua variabel dan SPLDV
a) Persamaan linier dua variabel (PLDV)
Adalah suatu persamaan yang mempunyai dua variabel
dan masing-masing variabel berpangkat satu.
Bentuk umum persamaannya:
Ax
+ by + c = 0
Contoh:
4x + y – 6 = 0. dapat diubah y = -4x + 6. persamaan
di atas disebut PLDV karena variabelnya berpangkat paling tinggi yaitu satu dan
mengandung dua variabel x dan y
b) Sistem persamaan linier dua variabel
Adalah serangkaian persamaan-persaman linier dua
variabel yang membentuk suatu sistem atau dua persamaan linier dua variabel
atau lebih yang digabungkan akan membentuk SPLDV
Bentuk umum penulisan SPLDV
Contoh:
2.
Mengenal
SPLDV dalam berbagai bentuk dan variabel
Varibel yang digunakan dalam SPLDV
tidak selalu x dan y tetapi bisa juga menggunakan huruf-huruf kecil yang lain
yang terdapat pada abjad.
Contoh:
1).
Lima celana panjang dan delapan kaos harganya Rp. 1.150.000. Harga tiga
celana panjang dan lima kaos Rp. 700.000. Jika harga 1 celana panjang = c dan
harga 1 kaos = k maka dapat dinyatakan PLDV dengan:
5c + 8k = 1. 150.000 dan 3c + 5k = 700.000
Atau: 5c + 8k = 1.150.000
3c
+ 5k = 700.000
2).
Andi membeli 5 kg jeruk dan 3 kg Apel seharga Rp. 72.000
Jawab:
5j + 3A = 72.000
3.
Menyelesaikan
sistem persamaan linier dua variabel
a)
Metode Grafik
Penyelesaian SPLDV diperoleh dengan
cara menggambar persamaan-persamaan tersebut dalam suatu diagram cartesius.
Dari gambar tersebut diperoleh titik potong kedua garis. Titik potong inilah yang
merupahkan himpunan penyelesaian SPLDV.
Contoh:
Tentukan himpunan penyelesaian sistem persamaan 2x
–y = 4 dan x + y = 5 dengan metode grafik.
Jawab:
·
Grafik untuk
persamaan 2x – y = 4
Ambil y = 0 maka 2x – 0 = 4
x = 2
Ambil x = 0 maka 2.0 – y = 4
y = -4
Titik potong terhadap sumbu x dan y masing-masing
(2, 0) dan (0, -4)
·
Grafik untuk
persamaan x + y = 5
Ambil y = 0 maka x + y = 5
x + 0 = 5
x = 5
Ambil x = 0 maka x + y = 5
0 - y = 5
y = 5
Titik potong terhadap sumbu x dan sumbu y
masing-masing (5, 0) dan (0, 5)
Grafiknya:
Jadi himpunan penyelesaiannya
adalah = {(3,2)}
b) Metode Subsitusi (penggantian)
Contoh:
1)
Gunakan
metode subsitusi untuk menentukan himpunan
penyelesaian dari sistem persamaan 2x – y = 4 dan
x + y = 5
Jawab:
2x
– y = 4...............(1)
x + y = 5................(2)
Dari persamaan (1) 2x – y = 4 dapat di ubah y = 2x
– 4 kemudian nilai y ini disubsitusikan pada persamaan (2) sehingga diperoleh:
x + y = 5 ⇔ x + 2x - 4 = 5
3x
= 5 + 4
3x
= 9
x = 3
setelah itu nilai x = 3 disubsitusikan kepersamaan
2x – y = 4 ⇔ 2. 3 – y = 4
6 – y =
4
y = 2
Jadi himpunan penyelesaiannya adalah : { (3, 2)}
c) Metode Eliminasi
Metode himpunan penyelesaian dengan
metode eliminasi adalah menghilangkan salah satu variabel pada kedua persamaan
dengan cara menjumlahkan atau mengurangkan dan sebelumnya menyamakan koefisien
tersebut.
Contoh:
Dari sistem persamaan -4x + y = -15 dan 2x + 3y =
25. Tentukan himpunan penyelesaiannya.
Jawab:
-4x + y =
-15 x1 -4x + y = -15
2x + 3y = 25
x2 4x + 6y = 50
7y
= 35
y = 5
-4x + y =
-15 x3 -12x + 3y = -45
2x + 3y = 25
x1 2x + 3y = 25
-14x
= -70
x = 5
Jadi Himpunan Penyelesaian = {(5,5)}.
Lampiran 2
Latihan soal
1.
Perhatikan
bentuk:
4x + 2y = 2
x – 2y = 4
a)
Ada berapa
variabel?
b)
Apa
variabelnya
2.
tentukan
himpunan penyelesaian dari persamaan 4x + 2y = 24 dan x – 2y = -6 dengan metode
grafik
3.
tentukan
himpunan penyelesaian dari sistem persamaan 4x – 2y = 16 dan x + 3y = 11 dengan
metode subsitusi
4.
tentukan
himpunan penyelesaian dari sistem persamaan 2x + 4y = 8 dan 4x – 3y = 5 dngan
metode eliminasi
Lembar Kunci
Jawaban
1 a. Ada 2
b. x dan y
2. persamaan 4x + 2y = 24
Untuk x = 0 ⇒
4. 0 + 2y = 24
2y = 24
y = 12
Memotong sumbu x dititik
(0, 12)
Untuk y = 0 ⇒4x + 2. 0 = 24
4x = 24
x = 6
Memotong disumbu y (6, 0)
Persamaan x – 2y = -6
Untuk x = 0 ⇒
0 – 2y = -6
-2y = -6
y = 3
Memotong sumbu y dititik
(0, 3)
Untuk y = 0 ⇒
x – 2. 0 = -6
x = -6
Memotong sumbu y dititik
(-6, 0)
Jadi himpunan penyelesaiannya
adalah {(4,5)}
3.
|
x + 3y = 11dapat diubah x = 11 – 3y
4x – 2y = 16
4(11 – 3y) – 2y = 16
44 – 12y – 2y
= 16
-14y = 16 – 44
-14y = - 28
y = 2
|
Di subsitusikan ke
persamaan:
x = 11 – 3y
= 11- 3. 2
= 11 – 6
x = 5
|
Jadi himpunan penyelesaiannya adalah {(5, 2)}
4. 2x + 4y = 8 x2 4x
+ 8y = 16
4x – 3y =5 x1 4x – 3y = 5
11y = 11
y = 1
2x + 4y = 8 x3 6x + 12y = 24
4x – 3y =5 x4 16x – 12y = 20
22x = 44
x = 2
Jadi
himpunan penyelesaiannya adalah {(2,1)}
Lampiran
3
KRITERIA PENILAIAN TEST INDIVIDU
Nomor Soal
|
Kriteria
|
Nilai
|
1
|
a). – Dapat menyebutkan banyaknya variabel
– Tidak
dapat atau salah menyebutkan banyaknya
variabel
b). – Dapat
menyebutkan variabel dengan benar
– Variabel yang
disebutkan salah atau tidak bisa
|
5
0
5
0
|
2
|
a.
– Tahapan
jawaban sesuai dengan metode grafik
– Tahapan
jawaban tidak sesuai dengan metode
grafik
b.
– Gambar grafiknya benar
– Gambar grafiknya salah atau
tidak ada
c.
– Himpunan
penyelesaiannya benar
– Himpunan
penyelesaiannya salah
|
10
0
10
0
10
0
|
3
|
a.
– Tahapan
jawaban sesuai dengan metode substitusi
– Tahapan
jawaban tidak sesuai dengan metode substitusi
b.
– Himpunan
penyelesaiannya benar
–
Himpunan penyelesaiannya salah
|
15
0
15
0
|
4.
|
c.
– Tahapan
jawaban sesuai dengan metode eliminasi
– Tahapan
jawaban tidak sesuai dengan metode eliminasi
d.
– Himpunan
penyelesaiannya benar
– Himpunan penyelesaiannya salah
|
15
0
15
0
|
Total
|
100
|
Instrumen Penilaian Kelompok
Teknik penilaian : Observasi
Bentuk Instrumen : Lembar
Observasi
RUBRIK PENILAIAN
|
Keterangan :
SB :
Sangat Baik (90-100)
B :
Baik (75-89)
C :
Cukup (65-74)
K :
Kurang ( <65 )
|
|
Penilaian dilakukan:
1. Sebelum siswa melakukan kegiatan, yakni meliputi
persiapan bahan materi dan kesiapan diri untuk melakukan kegiatan
bersama kelompok.
2. Pada saat proses belajar dan pembelajaran
sedang berlangsung, yakni meliputi minat dan keaktifan, kerjasama serta ketepatan waktu.
3. Pada akhir kegiatan, yakni penilaian lembar
kerja siswa yang meliputi aspek
kerajinan, dan kebenaran saat
persentasi.
KRITERIA PENILAIAN
KELOMPOK
Aspek
yang dinilai
|
SB
|
B
|
C
|
K
|
1.Kesiapan
2. Minat
dan keaktifan
3.Kerja
sama
5.Ketepatan
waktu
6.Kebenaran
|
Bahan yang
ditugaskan pada pertemuan sebelumnya telah lengkap, dan kelompok mengerti
tujuan kegiatan yang akan dilakukan, sehingga sigap dalam bekerja.
Setiap anggota
kelompok terlihat antusias dengan kegiatan yang mereka lakukan.
Setiap anggota
tampak aktif bekerja, pembagian tugas nampak jelas sehingga terlihat kompak.
Waktu yang
diberikan cukup untuk melakukan seluruh kegiatan.
Kesimpulan yang diperoleh tepat.
|
Bahan yang ditugaskan pada pertemuan
sebelumnya telah lengkap, namun kelompok kurang mengerti tujuan kegiatan yang
akan dilakukan, sehingga kurang sigap
dalam bekerja atau sebaliknya.
Ada satu atau dua anggota kelompok terlihat
tidak begitu antusias dengan kegiatan yang mereka lakukuan.
Ada satu atau dua anggota tampak tidak aktif bekerja, namun
pembagian tugas nampak jelas.
Waktu yang diberikan sangat pas-pasan
untuk melakukan seluruh kegiatan.
Kesimpulan yang
diperoleh tepat, akan tetapi ada
beberapa bagian yang kurang faham.
|
Bahan yang
ditugaskan pada pertemuan sebelumnya kurang lengkap, dan kelompok kurang mengerti tujuan kegiatan
yang akan dilakukan, sehingga kurang
lancar dan sigap dalam bekerja.
Sebagian besar
anggota kelompok terlihat kurang antusias dengan kegiatan yang meraka
lakukan, sehingga terlihat hanya satu orang saja yang aktif
Sebagian
besar anggota tampak tidak aktif
bekerja, dan pembagian tugas nampak kurang jelas, seperti hanya dibebankan
pada satu orang.
Waktu yang
diberikan terlihan tidak bisa dimanfaatkan dengan baik, sehingga tidak cukup
untuk melakukan seluruh kegiatan.
Kesimpulan yang
diperoleh kurang tepat.
|
Tidak mempersiapkan bahan
sama sekali,
Setiap anggota
kelompok terlihat tidak antusias dalam kegiatan (tidak serius dalam
bekerja)
Setiap anggota
kelompok tampak malas bekerja.
Tidak memperoleh hasil karena waktu tidak cukup.
Kesimpulan yang
diperoleh jauh dari yang diharapkan
|
Ø Total nilai keseluruhan
= 70% (Tugas
Individu) + 30% (Nilai kelompok)
Ø Kriteria ketuntasan minimal (KKM) = 65.
makasih rpp nys
BalasHapusterima kasih RPP nya...
BalasHapusMKSH MBA SANGAT MEMBANTU SY
BalasHapus